Senin, 07 Mei 2012

Sunflower & Butterfly


“kak,kenapa bunga matahari berwarna hitam ?, biasanya bunga matahari berwarna kuning kan?”Tanya ku ketika melihat lukisan yang sedang di garap revo,kakakku.
Revo adalah kakak tiri ku ,kami satu ayah lain ibu. Ayah telah bercerai dengan ibu kak revo sebelum bertemu mama.Tapi aku telah menganggapnya lebih dari seorang kakak,dia adalah sahabat terbaikku.
        “bunganya sedang terluka “
        “kenapa ? temannya di bantai ?”
        “jangan ngomong sembarangan!”
        “uups ! salah ya,sorry deh aku kan nggak tau jalan pikiran seniman.Emangnya kenapa sih bunga mataharinya ?”tanyaku penasaran .
      “bunga mataharinya terluka soalnya matahari nggak pernah menghiraukannya. Padahal , bunga matahari selalu menatapnya ,mengiringinya setiap waktu.”
     “iya sih, kalo pagi siang sampai sore bunga matahari ngeliatin matahari terus. Apa …kakak lagi patah hati ?”Tanya aku ragu-ragu. Kak revo menatap ku kemudian tersenyum. Wuiiih! manis abiz.
“mungkin memang susah ya jadi seniman. Ayah aja sampe nganggap aku musuh. Semua orang nganggep pelukis bukan jaminan buat masa depan.
“jadi kakak nggak dapet cewek karena kakak pelukis ? kak revo jangan putus asa gitu dong. Suatu saat pasti ada matahari di musim semi yang bakal ngasih sinarnya yang hangat buat bunga itu. Nggak masuk akal siih,matahari kan ada satu. Pokoknya yang penting saat ini kak revo harus buktiin ke ayah dan semua orang ,kalo pelukis juga pekerjaan yang baik dan bisa ndatengin uang. bukannya sok tau sih, tapi hidup harus terus jalan meski lagi patah hati kan?”
       “jadi sekarang lula adek kecilku udah bisa ngomong nih”
       “jahat banget ,masa aku di panggil adek kecil, udah ya kak ,aku mau pulang dulu.tapi jangan lupa makan teratur.”
       “makasih ya. Hati-hati di jalan :) ”
       Aku meninggalkan sanggar kecil yang satu tahun lalu di beli kak revo dengan uang hasil tabungannya. Kak revo meninggalkan rumah karena tidak tahan dengan sikap ayah yang selalu memaksakan kehendak kepada kak revo. kak revo ingin sekali menjadi seniman , meski prestasinya cukup baik di kampus. Sedangkan mama biasanya 2 minggu sekali menjenguknya di sanggar.   
       “dari mana kamu ?”Tanya ayah setibanya aku di rumah.
       “dari sanggar kak revo yah.”
       “ayah tidak ingin kamu mengikuti jejaknya. Kamu harus jadi orang sukses yang bisa membuat ayah bangga.”kata ayah.
       “yah,suatu saat juga kak revo akan jadi pelukis besar yang bisa membuat ayah bangga.kak revo punya bakat.”
       “kamu tahu apa soal bakat ? sekarang kamu masuk kamar!.”
       “yah,jangan keras begitu sama lula”bela mama.
       “Ma,kamu juga jangan manjakan dia. Jangan sampai dia seperti revo.kalau perlu larang dia dating menemui revo.’’
    Sejak sore itu aku tidak di ijinkan  mengunjungi sanggar  kak revo. Aku sungguh kesepian saat ini.aku hanya bisa tahu kabar kak revo dari mama.Yang sekarang lebih sering mengunjunginya . aku sangat merindukanya .
      “lula sayang, kata bi isum dari tadi siang kamu belum makan, kenapa ?”mama menghampiri kamar.
“ma,lula kangen sama kak revo,lula kangen sama bau cat minyak di baju kak revo.kenapa sih ayah bisa sejahat itu ?”
    “sayang,ayah bukan jahat,ayah Cuma kecewa.tapi nanti ayah pasti baikan lagi sama kak revo.Lagian dengan sifat ayah yang gitu kak revo kan bisa mandiri.eh ,mama lupa ada kiriman dari kak revo buat kamu di dekat meja telpon.”
      “yang bener ma,”aku segera berlari ke meja telpon.
      Disana tergeletak bungkusan persegi yang di bungkus kertas coklat. Aku segera membukanya. Terliahat padang bunga matahari berwarna kuning cerah,langit biru dan seekor kupu-kupu berwarna putih hinggap di salah satu kuntum bunga. Ada sepucuk surat kemudian aku membacanya.
         Dear lula,
      Hai, kangen juga iya sama kamu. Tapi sabar aja kita nanti kita bakal ketemuan lagi kaya dulu, beberapa waktu yang lalu ada seseorang yang beli lukisan ku seharga 12 juta , dia ngajak aku ikut pameran. Dan hari ini aku pergi ke Jakarta ngikutin pameran itu. Do’ain aku ya, soalnya bunga mataharinya sudah sembuh. Dia di tolong kupu-kupu kecil. Jangan GR kalo kamu kupu-kupunya lho!.
  REVO

“ma, hidup emang harus terus jalan meski lagi patah hati, ya” kata aku dengan senyum lebar.
“siapa yang patah hati”mama bingung,
”bunga matahari”,bunga matahaari ??”.
     Aku meninggalkan mama yang lagi bingung. Aku ngebawaa lukisan itu ke kamar ku. Moga aja ayah seneng dan dan berubah sikap sama kak revo setelah denger kabar ini. Mana ada sih ayah sama anak yang terus-terusan musuhan.


~SEKIAN~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar